Monthly Archives: May 2014

Lobster Inc.

Standard

Dengan perut sudah setengah kenyang, saya tetap kekeuh untuk muterin wilayah PIK untuk nyoba sesuatu yang ‘baru’. Tiba-tiba mata saya menangkap plang Lobster Inc. Wah, saya pikir kalau cuma ngemil lobster rasanya perut saya masih bisa terima dengan senang hati.

Tempatnya sih kecil ya, hanya dapat menampung sekitar 20-30 orang saja. Interiornya pun sederhana, hanya diisi dengan meja kursi warna warni. Saya datang kesini pas jam nanggung, sekitar jam 15.00 WIB, jadi lagi sepi berat, cuma saya sendiri saja, tidak ada customer lain.

Untuk main course-nya tentu kudu pesen hidangan lobster-nya donk. Dibedakan atas dasar size lobsternya. Ada yang lobster plate biasa (IDR 129k), jumbo lobster (IDR 189k), king lobster (IDR 349k) dan monster lobster (IDR 499k). Semua hidangan lobster ini dilengkapi dengan rice/butter rice, veggie, onion rings. Untuk sausnya bisa pilih: original, Inc sauce (spicy garlic), cheese, black pepper, spicy).

Untuk menu Platter ada 2 pilihan: 4 seasons lobster platter (2 original lobster served with 4 flavours, butter rice, veggie, onion rings) dan Seafood Platter (IDR 199k). Pilihan saya jatuh pada menu yang terakhir. Isinya: lobster ukuran biasa, grilled prawns, fried/grilled Dori Fish, grilled squid, French fries, veggies, onion rings, butter rice. Lengkap banget kan?

Ketika hidangannya datang, wow, shock berat sama porsinya! Super gaban! Gede banget bo’! Untung cuma pesan 1 porsi. Daging lobster-nya berasa banget masih fresh dan terasa manis. Suka sama topping saucenya yang very buttery. Seru kali ya kalau saya order lobster yang ukuran monster. Kata mas waitress-nya ukurannya bisa dari ujung ke ujung piring, wew! Untuk udangnya di-grilled, hanya diberi bumbu minimalis saja (garam dan merica). Untuk cuminya di-grilled dengan kecap manis. Untuk ikan Dorinya digoreng. Ketara banget bahan-bahannya masih fresh. Demen sama butter rice yang sudah di-mix dengan aneka veggies. Gurih banget. Perut tambah full karena dikasih French fries juga. Super begah. Kali kalau gak makan seharian baru sanggup saya habiskan 1 porsi sendirian.

seafood platter lobster inc

Untuk menu pembuka mereka menyediakan Fresh Oyster, lobster salad, lobster roll, cream zuppa soup, fisherman soup. Ada juga menu standard lain seperti Fish & Fries, Pasta (carbonara, aglio olio) dan Fish Steak.

Lain kali ciyus pengen coba Monster Lobsternya! #nabungdulu

 

 

Rukan Emerald Blok A No. 2

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

Ph: 021-98115733

 

 

Advertisements

Black Canyon Coffee

Standard

Pertama kali saya coba Black Canyon Coffee ini tahun 2011 saat saya sedang berlibur di Bali. Lokasinya di Discovery Shopping Mall. Saya tertarik mampir dan sekedar ngopi-ngopi cantik di tempat ini karena tempatnya persis di pinggir pantai. Keren banget!

3 tahun kemudian kembali saya mampir di tempat ini. Kali ini lokasinya di SMS Mall. Tempatnya benar-benar strategis, karena persis di depan live band stage. Sayangnya saya kesini bukan pas malam, jadinya ya gak ada yang perform.

Sempet mutar muter mall cari tempat nongkrong yang enak, sambil nunggu jam nonton XXI saya tiba. Maklum ya, saya kan movie lover sejati, hehe…Saya pilih tempat ini karena banyak sofa, jadi bisa santai & feel comfy. Pas buka buka menu saya baru sadar, ternyata Black Canyon ini franchise dari Thailand (yaela…kemana aja loooo…). Black Canyon Co.Ltd didirikan oleh Dr. Tanong Bidaya & Pravit Chitnarapong pada tahun 1993 di Bangkok. Black Canyon termasuk anggota dari SCAA (Specialty Coffee Association of America) dan telah mendapatkan penghargaan Super Brand. Kabarnya pertumbuhan tanaman kopi di Thailand ini diawasi langsung oleh kerajaan Thailand. Mereka juga memiliki fasilitas pengemasan & pembakaran khusus, sehingga kesegaran kopinya tetap terjamin.

Untuk kopinya saya pilih Iced Espresso (IDR 33k). Rasa kopinya nendang dan fresh banget. Cucok buat cuaca panas begini. Pilihan lain ada cappuccino, frappucino, Mexican coffee, hot/ice chocolate, etc. Untuk netralisasi rasa saya juga order Chamomile Tea (IDR 20k).

coffee & tea black canyon

Untuk appetizer, saya mencoba cemilan yang ringan saja: Nachos (IDR 38k). Hadirlahsepiring keripik Nachos yang crunchy dengan topping saus asam manis dengan campuran daging cacah sapi serta avocado yang telah dihaluskan dan mayonnaise. Rasanya ya standardlah, lumayan enak.

nachos

Saya juga tertarik mencoba Spicy Glass Noodles & Salmon Salad (IDR 40k). Bisa dibilang hidangan ini nyaris sama dengan salad, bedanya ada tambahan soun-nya. Dilengkapi dengan selada, daun bawang, bawang merah dan beberapa potong salmon yang telah dipanggang. Kemudian disiram dengan saus Thai yang rasanya asam pedas. Segaaarr! Pas untuk menu pembuka. Jenis salad lain: Spicy Apple Salad, Thai Mango Salad.

spicy glass noodles black canyon

Disini juga menyediakan menu steak, Indonesian food (oxtail soup, ayam bakar, traditional mie goreng), aneka menu nasi ala Thai (rice with garlic tauco chicken, rice with dried green curry chicken), Thai style Fried Noodle with Prawn/Chicken/Seafood), Curries/Soups (chicken green curry, tom yum soup, clear soup, spicy prawn soup). Ada juga jenis menu yang dapat dinikmati dengan nasi putih seperti: boiled fish with spicy seafood sauce, stir fried chicken with cashew nuts, fried chicken with garlic taucho sauce, stir fried mixed vegetables in oyster sauce. Kalau ajak anak-anak bisa dipesankan cemilan ala Western seperti: mixed fries, chicken wings, crab croquette, thai green curry fish cake, Thai prawn spring roll. Kalau suka pasta juga bisa order Carbonara, Pasta with Sausage & Chili paste, spaghetti Bolognaise.

Over all sih kualitas hidangannya okay, ambience desain interiornya juga cukup nyaman untuk sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

 

Jl. Cipete Raya No. 8A

Jakarta Selatan

Ph: 021-75912249

 

Mall La Codefin

Jl. Kemang Raya 8

Jakarta Selatan

Ph: 021-71790489

 

Cilandak Town Square, Ground Floor

Jl. TB Simatupang Kav. 17

Jakarta Selatan

Ph: 021-7546090

 

Kota Kasablanka Mall, UG Floor – FSU02

Jl. Kasablanka Raya Kav. 88

Kuningan – Jakarta Selatan

Ph: 021-29465156

 

La Piazza 1st Floor Unit I-5 Sentra Kelapa Gading II

Boulevard Raya – Jakarta Utara

Ph: 021-45864962-5

 

Mall of Indonesia, Centro Dept Store

Kelapa Gading Square, Jl. Boulevard Barat Raya

Jakarta Utara

Ph: 021-26850851

 

Summarecon Mall Serpong Unit DGF – 219

Downtown Walk SMS2

Tangerang

Ph: 021-29310712

 

Living World Mall Ground Floor Unit C 50-52

Alam Sutera Boulevard Kav. 21

Serpong

Ph: 021-29239464

 

Alam Sutera Mall, G-82 s/d G-83A

Alam Sutera Serpong – Tangerang

Ph: 021-30449290

 

Paris Van Java Mall

Jl. Sukajadi No. 137-139

Bandung

Ph: 022-91513198

 

Jl. Babarsari Blok B7-10

Catur Tunggal, Depok-Sleman

Yogyakarta

Ph: 0274-4332920

 

Candi Baru Hotel

Jl. Rinjani No. 21

Semarang

Ph: 024-8507655

 

 

 

Bihun Bebek A Eng

Standard

Kalau kita ditanya tentang lokasi bakmie ayam/babi yang enak, pasti deh langsung nyerocos sederet rekomendasi dari otak kita. Tapi kalau ditanya lokasi bihun bebek yang enak……nah….pasti sebagian besar dari kita akan mengernyitkan dahi lalu diakhiri dengan gelengan kepala dan jawaban “gak tau tuh” atau “belom pernah makan” atau “pernah denger sih teman makan itu, tapi gak tau tempatnya”, etc. Bener gak?

Emang kalau disuruh pilih antara bakmie atau bihun, saya pasti pilih mie. Lebih suka tekstur mie dibanding bihun. Tapi kalau digoreng, bihun itu rasanya endess juga kok, gak kalah sama mie. Lidah Asia sih sebenernya gak asing lagi dengan yang namanya bihun. Salah satu jenis mie yang terbuat dari beras ini lumayan popular, bisa digoreng, dikasih kuah atau disiram. Bihun Bebek ini merupakan hidangan khas Medan.

Tempatnya kecil, paling hanya bisa menampung 15-20 orang saja (cabang PIK). Selain bihun disini juga menyediakan bakmie. Tapi lucu dong ya masa jagoannya bihun trus kita pesannya mie? Untuk porsinya ada ukuran Reguler (IDR 35k) dan ukuran Large (IDR 60k). Satu mangkuk bihun rebus dengan topping irisan bebek rebus, plus lembaran daun selada dan taburan bawang putih cincang & daun ketumbar. Daging bebeknya empuk banget dan toppingnya banyak (apalagi yang porsi Large, bener-bener puas!). Kuahnya juga gurih, berasa banget kaldunya. Over all endeessssss!

bihun bebek a eng

Untuk side dishnya saya pilih Mix Lidah & Perut Babi (IDR 30k). Tekstur lidahnya empuk, ada sekitar 10 potong. Perut babinya juga enak, empuk. Yummy, pas banget dipadukan dengan aroma bawang putih yang kental.

lidah & perut babi a eng

Jl. Muara Karang Raya Blok A7 Utara No.181

Jakarta Utara

Ph: 021-6697670

 

Ruko Crown Golf Blok A No. 36

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

Ph: 021-36765877

 

 

Ichiro

Standard

Jalan Pesanggrahan itu deket banget sama lokasi rumah saya, makanya saya selalu ngeh setiap ada “wajah baru” yang hadir di culinary street tersebut. Kali ini ada resto ramen baru. Saya pikir nekad juga ya buka dekat dengan Ikkudo Ichi. Paling gak harus bisa nyamain rasa kaldunya atau lebih bagus lagi kalau bisa lebih enak, kalau mau tetap bertahan di percaturan kuliner Jakarta (that’s absolutely true!).

Sebelum ada Ichiro, dulu bekas resto Ampera. Entah kenapa tutup, padahal ya makanannya lumayan enak dan harganya murah. Mungkin makanan Indonesia kurang diminati di daerah perumahan Jakarta Barat ya? Area parkirnya sih lumayan luas lah. Saya pergi kesana pas tanggal merah dan jam nanggung di sore hari, jadi tidak terlalu ramai.

Ruangannya nyaman, didominasi warna merah dan furniture terbuat dari kayu. Untuk kursinya tidak diberi sandaran (bangku kayu), ya khas warung di Jepang sana, supaya tamunya gak pada ngobrol. Begitu selesai makan langsung cabut gitu. Buku menunya bagus, begitu saya buka….banyak bener jenis ramennya. Udah saya baca-baca dan lihat foto-fotonya, tetep aja masih bingung mau order yang mana. Alhasil, saya panggil pelayannya dan langsung nanya: “Mbak, yang paling enak atau yang jadi favorit di tempat ini yang mana?”. Masa malah saya dibacain menu, lah, gimana sih? Bener-bener dibacain semua satu-satu. Yaela…itu mah saya bisa baca sendiri. Biasanya dijawabin gak jelas gitu, rasanya pasti biasa-biasa aja. Kalau asumsi tanpa nyoba gak sah donk ya….

Finally, saya lihat fotonya yang paling menarik, trus saya lihat penjabarannya dan cap cip cup, saya putuskan untuk order yang namanya Akao (IDR 54k). Apa itu Akao? Ternyata itu ramen dengan kuah aroma cabe bakar. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, semangkuk besar ramen langsung tersaji di depan mata. Tekstur ramennya lurus, pas matangnya, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lunak. Dilengkapi dengan topping chashu babi, ½ potong telur rebus Nitamago yang nyaris matang (secara bagian kuningnya teksturnya hampir padat kayak telur rebus biasa, sigh….), potongan tipis jamur dan taburan daun bawang. Suapan pertama belum terasa pedasnya, kaldunya tipis dan rasanya buat saya sih just okay. Setelah beberapa suapan baru tuh rasa cabai mulai membakar lidah dan kerongkongan saya. Pesan saya, jangan ngobrol pas lagi makan kuahnya apalagi sampai keselek, bakalan panas tuh kerongkongan.

Akao ichiro

Untuk ramen kedua saya pesan Kosyoo (IDR 54k). Kuahnya merupakan campuran aneka lada Jepang. Rasanya pedas merica banget! Saya sih kurang suka ya pedas merica begini, lebih pilih pedas cabai. Ini bakal jadi yang pertama sekaligus terakhir saya order Kosyoo, maaf, saya gak suka. Mungkin kalau addict sama merica ya cocok lidahnya ya. Untuk topping-topppingnya semua sama dengan Akao. Untuk minuman pas banget kalau pesan Ocha Dingin (IDR 10k) untuk meredakan rasa pedasnya.

kosyoo ichiro

Kesimpulannya, rasanya biasa aja, kaldunya kurang kuat. Rasa kaldunya ketutup sama bumbu-bumbu tambahannya seperti cabai atau merica. Mungkin kalau saya ada kesempatan kesini lagi, saya akan coba varian yang polos, alias tanpa embel-embel bumbu tambahan.

 

 

Jl. Pesanggrahan RT 11/03

Jakarta Barat

Ph: 021-58903684

 

 

Hakata Ikkousha

Standard

Ramen! Yup, jenis mie ala Jepang ini memang sudah happening sejak 3 tahun yang lalu di Jakarta. Sebenarnya agak telat juga saya datang ke resto ini, karena Hakata Ikkousha ini bisa dibilang resto spesialis ramen yang booming banget begitu pertama kali buka. Pasti bakalan antre panjang kalau mau dine in disini. Sampai sekarangpun tetap ya saya harus nunggu sekitar 15 menit sebelum dapat tempat duduk. Secara juga saya datangnya Sabtu malam,hehe….

Ruangannya cukup luas, sepertinya bisa menampung sebanyak 80-100 orang. Enaknya disini mereka siapkan kursi untuk antrean. Lumayan, jadinya kaki tidak pegal.

Well, Hakata sendiri itu sebenarnya adalah nama desa di Fukuoka, Jepang. Desa ini terkenal dengan kekayaan kulinernya. Nah, ramen Ikkousha ini merupakan ramen favorite di Hakata sana. Di Indonesia, ramen Ikkousha merupakan salah satu cabang resmi dari Fukkuoka Hakata, Jepang. Bahkan chef asli dari Jepang khusus didatangkan langsung untuk setiap cabang Ikkousha di Jakarta. Tujuannya ya untuk menjaga kualitas.

Menu andalan di tempat ini adalah Ramen Babi Special (IDR 55k). Porsinya lumayan besar. Kuah warna beige dari kaldu babi yang kental terasa nonjok di lidah (kalau pilih yang ayam/tori ya pasti dikasih kuah kaldunya yang ayam donk). Bener-bener strong. Sudah bisa dipastikan waktu pembuatan kaldu memakan waktu yang tidak sebentar. Tekstur ramennya lurus. Untuk tingkat kematangan ramen-nya juga bisa request, mau yang agak keras, normal atau agak lunak. Oya untuk jenis ramennya juga ada beberapa pilihan: Mie Besar, Mie Besar Jepang, Mie Kecil dan Mie Keriting. Dilengkapi juga dengan 1 butir telur rebus Nitamago yang dibelah dua serta potongan tipis chashu babi. Super yummy! Disediakan juga di tiap meja 1 wadah berisi beberapa siung bawang putih, kecap asin, cuka, cabai bubuk. Anehnya disiapkan juga bawang merah goreng (apa gak jadi salah rasa ya kalau ditaburi ini? Tapi buat yang lidahnya Indonesia banget ya sah-sah aja sih), juga sambal yang kalau saya rasakan mirip sambal terasi, hmmm…Masalah tambahan bumbu-bumbu ini ya balik lagi ke selera lidah masing-masing.

ramen babi spc ikkousha

Untuk penggemar pedas kudu order Ramen Babi Tam Tam (IDR 58k). Penampakannya sih mirip yang jenis special, cuma warnanya merah aja. Pas saya coba rasakan kok ternyata kuahnya lebih gurih ya, ternyata diberikan cacahan daging babi tambahan di kuah pedasnya. Lebih enak saya bilang dibanding yang special.

ramen babi tam2 ikkousha

Kalau tidak suka daging babi, mereka juga sediakan daging ayam. Untuk kuahnya juga bisa pilih rasa Kari/Curry atau Tauco/Miso. Kalau tidak terlalu suka kuah yang medok rasanya, bisa pesan yang Special Light. Ini favorit buat cewe-cewe yang lagi diet, haha….(bukan saya!)

Kalau gak puas dengan topping standard, bisa kok order topping tambahan, seperti: Cashu Ayam atau Babi, Jagung, Katsuobushi/makanan awetan berbahan baku ikan cakalang, Mentega, Pangsit Ayam Wangtang, Tamtam, Tauge Moyashi dan Telur Rebus Nitamago.

Kalau gak suka mie kuah gitu, bisa pesan Tuken Men. Sama aja sih, cuma kuahnya dipisah aja sama ramen dan topping-toppingnya. Jadi cara makannya dicelup gitu. Kalau yang punya semboyan ‘kalau gak makan nasi gak kenyang’ juga tenang saja, disini disiapkan varian nasi juga. Pilihannya: Chasu Don Babi, Wagyu Steak Don dan Yakiniku Don. Kalau bawa anak kecil juga bisa dipesankan Nasi Goreng Salmon atau Nasi Goreng Saus Tomat. Secara keponakan-keponakan saya gak tau kenapa kalau diajak ke resto selalu pesannya nasgor, haishhh!

Disini juga menyediakan menu Yakitori alias bakar-bakaran sate ala Jepang. Diantaranya: Asparagus Bacon, Bakso Ayam/Babi, Kulit Ayam, Lidah Sapi, Otot Ayam, Samcan (wuih!), Scallop, Sosis, etc. Ada juga masakan hotplate dan soup.

Untuk side dish-nya alias Ippinmono ada banyak jenis juga: Ayam Goreng Jepang (Tori Karage), Chashu Ayam/Babi, Gyoza, Pipi Babi (pengen pesan ini, tapi udah sold out, hikz!) dan Samcan Babi Goreng. Kali ini saya pesan Chashu Babi Tebal (IDR 58k). Gile, beneran tebel itu daging dan empuk, super juicy! Hadeh, merasa berdosa abis makan ini….(diketawain sama kaca ;p). Di atasnya ditaburi potongan daun bawang, garlic dan merica hitam. Very delish!

chashu babi tebal ikkousha

Untuk minumannya bisa pilih Ocha dingin/panas (IDR 8.8k), beer, kopi, aneka juice, soft drink. Bisa dibilang ini salah satu tempat favorit saya untuk makan ramen, selain Tsurukamedou dan Ikkudo Ichi.

 

Rukan Cluster Garden House Blok A No.1,2,3,5

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

Ph: 021-29033271

 

 

SUMO BOO

Standard

Sebenarnya sejak awal tahun 2014 saya sudah dengar tentang tempat ini. Tapi karena lokasi cukup jauh baru sekarang kesampaian untuk datang kesana. Lokasinya mudah banget ditemukan, begitu keluar tol, putar balik langsung deh masuk saja ke area ruko disana. Letaknya sederetan dengan Ikkudo Ichi. Tinggal cari saja resto dengan desain interior didominasi warna kuning cerah. Di dalamnya juga dihiasi lampu gantung berbentuk bola warna kuning. Lucu juga sih designnya.

Saya pikir kalau datang pas jam nanggung, which is saat itu sekitar jam 17.00 WIB, gak bakalan rame. Ternyata dugaan saya salah besar. Pas dateng udah rame kayak banjir badang, haissshhh!! Masih ada 12 antrean di atas saya. Berhubung saya datang dengan keadaan perut cukup kenyang (after late lunch), maka saya pikir saya punya kesabaran yang cukup panjang untuk menunggu.

sumoboo

Akhirnya setelah 30 menit menunggu kayak disetrap pas upacara bendera, tibalah giliran saya untuk masuk. Fiuhhhh…..#lap keringet. Dapat tempat duduk yang mepet sama meja orang lain itu rasanya gak nyaman ya, tapi ya sudahlah….pasrah…

Begitu buka lembaran menu, langsung bingung. Secara macamnya banyak banget! Yang pasti ada dessert ala Taiwan, trus Kakigori, grass jelly, snow ice, ice cream, mochi, mixed pudding, etc. Untuk first visit, saya putuskan untuk order Sumoboo’s Grass Jelly No.6 (IDR 38k). Tampilannya bener-bener mengundang selera. Porsinya lumayan besar untuk 1 orang. Dijamin bikin perut begah deh! Untuk versi ini, isinya terdiri dari: grass jelly + big boba + green tea ice cream + sumo bomb ball + mochi + red bean + taro. Lengkap banget ya! Untuk rasanya tidak terlalu manis, taste quite good! Aneka tekstur dalam 1 mangkok pas banget dipadukan dengan rasa creamy dan sensasi dingin dari green tea ice cream. Wajib order buat yang baru pertama kali datang!

grass jelly sumoboo

Untuk dessert kedua saya coba Kakigori No.5 (IDR 40k). Tau gak sih apa yang bikin saya tertarik untuk order dessert ini? Secara di ingredients-nya ada kata “Nutella”! Whaaatttt? Nutella? Yes, right! Buat choco addict kayak saya, wajib pesen ya. Itu isinya Nutella bomb + chocolate mountain + sliced almond. Nutella bomb itu berupa mochi yang isinya nutella. Wuidih! Begitu saya gigit itu mochi, bener-bener sensasinya kayak bomb, tu Nutella meledak di mulut saya, meleleh-leleh gimana gitu…hayo….pada ngeces kan? Enak banget. Kalau untuk mountainnya sih sebenernya cuma berupa es serut aja dikasih taburan milo bubuk plus potongan almond tipis.

nutella bomb sumoboo

Nah selain dessert, disini ternyata menyediakan hidangan makanan juga, seperti unagi donburi, chicken chop, karagee don, pork katsu don, tori noodle & buta noodle. Sebelum kesini saya emank udah lakukan riset kecil-kecilan tentang hidangan yang favorit dipesan customer. Suara terbanyak adalah…jeng…jeng….: Spicy Buta Noodle (IDR 38k). Apaan sih tuh? Ternyata itu mie goreng, dikasih topping daging babi yang juicy (ada bagian lemaknya, hadeh saya suka banget), telor ceplok plus irisan seaweed. Untuk level spicy-nya ada 3 pilihan: level 5, 10 dan 15. Ya kalau diterjemahkan mau yang pedasnya sedang, pedas atau super pedas. Beneran ini super delish! Kudu nyoba!

buta noodle sumoboo
 

Rukan Crown Golf Blok D No. 17

Bukit Golf Mediterania

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

 

SMOKEY RIBS

Standard

Pertama kali diajak teman beberapa tahun yang lalu ke tempat ini, langsung takjub. Karena bener-bener rasanya sebelas dua belas dibanding dengan Tony Romas. Denger-denger rumors sih katanya mantan chef-nya Tony Romas di-hijack kesini, haha, pantesan….

Waktu pertama kali dulu saya kesini malem-malem dan antre banget, jadinya saya dapet tempat duduk luar yang ber-AC alam; kali ini saya kesini jam nanggung sore-sore jam 16.00 WIB gitu, jadinya masih sepi dan saya pilih duduk di dalam aja, soalnya udara Jakarta lagi super hot. Gak lucu kan makan ribs tapi keringetan kayak makan warung-an? Design interior-nya sih biasa aja. Temboknya ditutup dengan bata warna merah, dilengkapi dengan lampu gantung di tiap meja serta furniture terbuat dari kayu yang simple serta sofa bermotif garis merah hijau. Untuk kasir dan bar, diletakkan di bagian tengah ruangan.

smokey room

smokey bar

To the point aja ya. Seperti yang biasa kita pesan di Tony Romas, demikianlah harus kita pesan yang persis sama di tempat ini. Untuk appetizer, wajib pesan Onion Ring (IDR 30k, size Small). Entah pakai jenis tepung apa dan bagaimana cara gorengnya, saya tidak pernah rasain Onion Ring seenak ini di resto lain. Cutting-nya tipis-tipis, digoreng dengan lapisan tepung yang tipis, hasilnya bisa crunchy gurih dan gak oily. The best Onion Ring lah kalau menurut saya. Kalau dateng kesini lebih dari 2 orang mending pesen yang size Large-nya, takutnya rebutan :p

Onion Ring Smokey

Nah untuk ribsnya kudu pesen Smoke Baby Back Ribs (IDR 240k). Saya order yang ukuran besar, ada sekitar 9 ribs jumlahnya. Gede banget bo’ porsinya. Untuk sausnya bisa pesan yang barbeque, honey dan spicy. Untuk side dish bisa pilih French Fries atau Mashed Potato. Trus dikasih side dish Coleslaw juga. Mashed Potatonya gurih ada rasa butter-nya & black pepper-nya. Untuk ribs-nya wow, so juicy dan dagingnya tebal. Empuk banget dan bumbunya itu meresap sampai ke daging bagian dalam. Superb dah pokoknya!

Ribs Smokey PIK

Makan disini emang lumayan mahal, bisa IDR 200k per pax, tapi worth it banget! Kalau ngajak pacar kesini, biar aman, siapin aja kocek sekitar IDR 400k – 500k. Dan catetan penting, kalau makan disini dilarang jaim. Buang tuh garpu & pisau, pakai tangan lebih mak nyussss :p Toh disana disiapin wastafel buat cuci tangan & tissue basah!

 

Ruko Crown Golf Mediterania Blok B 10-11

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

Ph: 021-41610094 / 95397952

 

 

HANS and BELLE

Standard

Abis ngopi pagi, nyalon dan makan steak, pas banget kalau having dessert ya. Lagi pengen makan cake nih! Kebetulan pas tadi pagi keliling-keliling nungguin salon buka, saya lewat counter yang baru buka. Tadinya saya pikir toko mainan anak, karena interior-nya banyak boneka teddy bear bertebaran dimana-mana. Eh, gak taunya jual cake & cookies, ada café-nya pula. Nah, makin penasaran aja kan?

Suka dengan display-nya yang super cute. Aneka cake berdiameter sekitar 20-cm ditata di atas nampan transparan yang cantik, diselingi dengan ember-ember stainless warna cerah. Kemudian di bagian tengah meja display dibuat rak bertingkat yang diisi deretan boneka teddy bear serta kotak-kotak cookies & macarons berwarna-warni.

HB room

Untuk tempat duduknya berupa sofa warna biru donker yang tiap sisinya dilapisi dengan paper yang berdesign seperti artikel koran/majalah. Keren! Di bagian atas, juga super unik, ada rel kereta api mini lengkap dengan kereta kayu mini-nya. Lalu ada gir-gir mesin yang dicat aneka warna. Anak-anak pasti suka kalau diajak ke tempat ini.

HB room 2

Karena konsepnya juga berupa café, disini juga menyediakan menu makanan ala Western gitu deh. Tapi karena andalan-nya cake, ya untuk kedatangan pertama kali saya harus coba cake-nya.

Secara saya chocoholic, makanya saya kudu harus wajib nyoba cake coklatnya. Untuk kali ini saya coba yang namanya Chocolate Chocolate Chocolate (IDR 25k). Ckckck, coklatnya sampai disebut 3x itu berarti rasa coklatnya kudu nendang ya! Beneran loh, rasanya enaaaakkk banget! Lembut banget tekstur coklatnya, trus ada crunchy-crunchy-nya gitu. Cake dibungkus dengan lapisan coklat tipis trus toppingnya lempengan coklat bulat dengan hiasan selai warna merah kuning hijau.

chocolate 3x HB

Cake kedua yang saya coba adalah Green with Envy (IDR 25k). Tampilannya lucu, warna hijau berbentuk setengah telur, diberi topping potongan milk chocolate berbentuk ring dan blueberry. Warna hijaunya itu berasal dari green tea. Rasanya sih ya wangi-wangi ala daun teh gitu. Di dalamnya diisi dengan red bean yang sudah dihaluskan. Kombinasi rasanya sih unik ya. Buat yang suka green tea sih kudu order ya, Kalau buat saya, cake coklat-nya tetep yang jadi juara.

green with envy HB

Kebetulan hari itu saya datang pas hari opening-nya, jadinya saya berkesempatan untuk coba tester cookies-nya. Ada kali tu 10 macam saya cobain semua. Beneran jadi begah gara-gara icip testernya aja. Karena suka coklat ya gak jauh-jauh deh saya bawa pulang itu Choco Chips (IDR 20k). Choco Chips-nya enak karena tidak terlalu manis. Kalau di tempat lain biasanya pakai chocolate milk, kalau disini pakai dark chocolate, jadi gak neg. Trus saya juga beli Choco Moccachino (IDR 20k). Ini juga enak, rasa kopinya berasa banget, trus di ujungnya diberi lapisan coklat. Keponakan saya juga suka banget! Nah 2 items ini nih yang laku banget, karena pas saya beli itu stock beneran langsung habis. Yang saya mau beli juga itu yang rasa Almond, tipis-tipis gitu, garing kriuk-kriuk. Tapi sayang saya udah gak kebagian, abis ludes!

cookies HB

Seminggu kemudian, saya titip take away sama ibu saya yang kebetulan sedang jalan-jalan di sana. Stock Chocolate Chocolate Chocolate ternyata belum datang. Jadinya saya dibelikan cake lain, tapi tetep coklat ya judulannya, haha….everybody knows I love chocolate so much!

Yang pertama lucu banget designnya. Toppingnya muka panda gitu, secara judulnya juga Kungfu Panda (IDR 22k). Bentuknya mirip Green with Envy tapi warnanya coklat. Tekstur dalamnya mirip sih, cuma ya serba coklat aja bahannya, trus di bagian bawahnya dikasih biscuit gitu. Saya suka!

kungfu panda

Trus cake kedua Guilty as Charged (IDR 22k). Namanya aneh ya. Mungkin maksudnya kalau abis makan cake ini pasti berasa berdosa banget buat yang lagi diet, secara kalori tinggi. Tapi sumpah, ni super enak! Dalemnya full coklat lembut gitu, di atasnya kayak dilapisi gel tipis, trus dibungkus di bawahnya kayak pie. Hadeh! Kalau abis ini langsung musuhan sama timbangan :p

guilty as charged HB
Kata orang sih konsep design-nya niru toko cake yang ada di daerah selatan. Tapi kalau buat saya sih, kalau jadi pioneer ya kudu siap ditiru lah. Two thumbs up buat cake di tempat ini! Saya pasti bakal cobain jenis cake yang lain di lain waktu.

 

.

Puri Indah Mall

Expansion 2nd Floor Unit 202

Ph: 021-58354426 / 58354427

SEVEN TO 7 MEAT SHOP & CAFE

Standard

Blackboard bertuliskan ‘discount 20%’ cukup menarik perhatian saya untuk masuk ke tempat ini. Begitu masuk langsung disambut display aneka daging sapi mentah yang fresh. Secara design sih sederhana saja, meja kursi dari bahan kayu, warna ruangan natural, dan langit-langitnya dibiarkan terbuka sehingga terlihat pipa-pipa saluran udaranya.

7 to 7 room

7 to 7 room 2

Dari menunya ya judulannya Western. Disediakan menu breakfast (omelette, scrambled egg, sunny side up & toasts, bisa tambah bacon/sausage kalau suka), ada soup & salad, snacks (bitterballen, french fries, mashed potato & potato wedges), pasta, sandwiches, Japanese style (steamed bun, shabu-shabu, beef yakiniku, beef teriyaki, fried udon), dessert (brownies, banana split, mango pudding, fruit salad).

Konsepnya sih mirip banget sama Stevan Meat Shop. Kita pilih jenis daging-nya di display, lalu pilih mau dimasak apa. Karena judulannya Meat Shop, gak absah kalau saya tidak order menu steak donk ya….

Bingung juga lihat jenis daging yang lumayan banyak gini. Pilihan standardnya ya seperti biasa ada sirloin, tenderloin, rib eye, etc. Kali ini saya ingin coba Wagyu-nya. Finally saya pilih Wagyu 6 Ribeye (IDR 1,257k per kg). Karena tadi pagi saya sudah breakfast, dan hanya ingin sekedar icip-icip, saya hanya pesan 100 gram saja.

Untuk tingkat kematangan saya suka yang medium. Untuk paket masaknya ada 2 macam. Kalau hanya masak steak-nya saja dikenakan charge IDR 30k. Kalau lengkap dengan side dish-nya (soup, salad & dessert) dikenakan charge IDR 60k. Ya sudahlah ya, daripada nanggung, mending pesan yang lengkap sekalian.

Sambil menunggu steak saya matang, datanglah hidangan appetizer. Mix Salad berupa selada, potongan tomat, mentimun, paprika dan jagung disiram dengan balsamic dressing dan honey mustard. Yang agak aneh disini, di atas saladnya dikasih potongan kulit pangsit goring. Hmmm…agak gak matching sih menurut saya. Untuk soupnya disajikan Mushroom Soup. Tastenya lumayan, dengan topping crouton. Tingkat kekentalannya pas.

soup & salad 7 to 7

Setelah appetizer habis saya santap, datanglah steak saya. Dari penampilan sih jelek banget, huhuhu….seadanya gitu. Kalau dibanding resto steak lain sih ya jauhlah. Sekilas kalau dilihat sih beneran gak nafsu’in buat disantap. Apalagi pakai acara dihias pakai potongan wortel & buncis yang cuma segelintir, hadeh, mengenaskan ya….No hurt feeling ya, saya cuma jujur. Tapi ya mau bagaimana lagi….mungkin mereka gak terlalu menting’in appearance-nya kali ya…IMHO sih itu hal kedua yang penting selain rasanya loh!

wagyu steak 7 to 7

Pertama-tama cobain Mashed Potato-nya dulu (bisa pilih French Fries juga kok). Rasanya so so lah, dibumbuin cuma pakai garam & merica sepertinya, yang penting sih gak tawar. Lalu steak-nya, okay….dagingnya sih juicy abis secara wagyu ya…melted in my mouth, enak banget. Trus saya makan pakai Mushroom Sauce-nya (pilihan lain: Barbeque atau Black Pepper Sauce). Rasa sauce-nya terlalu tajam ya, kurang creamy. Saya kurang suka sih. Lebih enak steak-nya dimakan polos aja tanpa sauce-nya.

Untuk dessertnya: Mango Pudding. Gelasnya kecil bener, hehe…rasanya manis dengan topping milk di atasnya. Saya sih lebih suka kalau pudding mangga rasanya agak asam sedikit ya.

mango pudding 7 to 7

Oya, discount 20% nya itu ternyata hanya untuk charge masaknya dan minuman saja. Untuk harga steak-nya tidak discount. Kalau ada kesempatan kesini lagi sih saya ingin coba jenis daging Matsuzaka yang per kilo harganya IDR 4,000k. Mahal ya bo’! Ada yang mau bayarin saya gak? Haha….

 

Puri Indah Mall

Expansion 1st Floor E 104-105

Ph: 021-5822370

 

MAZEL TOV

Standard

Okay, nulis blog itu memang perlu niat yang kuat ya….Ni baru mulai mood lagi sekarang secara udah ‘break’ sekian lama….Dari semalem tiba-tiba dapet ‘wangsit’ dadakan, jadinya pagi-pagi gini udah ‘pacaran’ sama kompi.

Ngaku dosa dulu nih, saya kerjainnya di kantor, eittsss….jangan maen nge-judge dulu, kerjaan saya di kantor udah kelar semua….plok plok plok….kasih applause donk :p Drpd bengong trus kesambet, mending liatin foto makanan sambil cerita ke kamu-kamu semua yang suka ‘maen’ ke blog ini kan?

Well, seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel-artikel sebelumnya, kalau saya ini paling norak kalau lagi ada mall baru. Sebenernya mall-nya lama, cuma di-eskpansi aja. Yup, you know what I mean: Puri Indah Mall. Beneran itu kalau liat resto baru bawaannya penasaran pengen masuk dan nyobain makanannya.

Kali ini saya iseng masuk ke suatu resto dengan nama yang cukup ‘familiar’ di telinga saya: Mazel Tov. Kali ada yang asing dengan kalimat tersebut. Actually, Mazel Tov itu adalah bahasa Ibrani yang artinya “good luck” atau “congratulation”. Akrab di telinga saya karena saya pernah pergi ke Israel dan kata-kata itu sering diucapkan.

Hari itu memang hari untuk saya enjoy “ME TIME”. Sekedar refreshing, melepas kepenatan rutinitas sehari-hari. Jadi emang lagi jalan-jalan sendiri. pas jam makan siang pula, jadinya moment yang tepat untuk coba sesuatu yang baru.

Di bagian depan resto saya sempat baca ada menu High Tea. Tapi sayangnya baru start jam 13.00 WIB sampai jam 16.00 WIB kalau tidak salah ingat. Sedangkan sekarang baru jam 11.30 WIB dan perut udah minta diisi. Mungkin lain kali bakalan coba High Tea-nya.

Cahaya temaram langsung menerpa mata saya ketika memasuki ruang resto ini. Dalam beberapa detik, mata langsung menyapu seisi ruangan dan yaaakk….di pojokan ada sofa yang sepertinya cukup nyaman untuk nongkrong sejenak di tempat ini. Sepertinya siang itu saya jadi satu-satunya customer, meja lain yang terisi orang sepertinya adalah si owner sendiri atau manager di tempat ini.

mazeltov room

Di beberapa sisi dinding resto, dipenuhi oleh deretan botol-botol wine yang diletakkan pada rak-rak kayu bercahaya putih. Di bagian depan, ada mini bar. Mungkin asyik juga ya kalau malam-malam ke tempat ini bersama teman-teman untuk sekedar minum wine dan ngobrol. Lalu di bagian langit-langit, ada sesuatu yang unik, gentong-gentong kayu wine dijadikan dekorasi. Kreatif juga. Tau gak sih, berasanya kayak lagi di gudang-gudang wine, belum pernah masuk secara real sih, cuma suka lihat di film-film aja. Bawaannya jadi romantic aja ih, cucok banget ni kalau buat duduk berduaan….eheeeemmm….

mazeltov room 2

Bagian atas dicat dengan warna abu-abu, lantai dilapis dengan kayu, serta furniture bergaya simple minimalis dengan warna coklat tua, membuat resto ini kesannya ‘adem’ gitu. Kombinasi warnanya bener-bener “gue banget”, secara rumah saya juga nuansanya persis kayak gini. TOP BGT, hehe…

Saya pikir karena namanya ala Israel, menunya juga makanan sana. Ternyata salah dugaan saya. Menu-nya Western banget. Ada steak (IDR 150k – IDR 300k), pasta (IDR 60k – IDR 80k), chicken (IDR 70k – IDR 90k), rice (IDR 80k – IDR 100k, ada menu oxtail fried rice-nya segala loh). Ada menu side dish-nya juga, seperti French fries, mashed potato, lyonnaise potato, fondant potato, mix salad, mix vegetable, etc.

Untuk kali ini, saya ingin coba minuman yang segar tapi sehat. Pilihan saya langsung jatuh ke Evergreen (IDR 35k). Apa itu? Sebenarnya juice ini sudah populer beberapa tahun yang lalu. Beberapa resto juga menyediakan jenis minuman ini. Evergreen ini merupakan juice nanas dan Chinese cabbage. Warnanya hijau, fresh seperti daun-daunan, rasanya asam segar dan sama sekali tidak ada rasa langu dari sayur. Enak banget, saya suka. Di bagian menu healthy drink ini juga ada yang namanya Popeye’s Drink & Mazeltov’s Afternoon, dua-duanya menggunakan fresh milk. Lalu ada juga Second Refreshing, kalau yang ini menggunakan fresh mint.

evergreen mazeltov

Karena untuk minuman saya sudah pesan yang sehat, maka untuk main course-nya saya juga ingin makan yang sehat, biar matching gitu ceritanya. Red Snapper Montpellier (IDR 79k) sepertinya adalah pilihan yang tepat. Fillet Ikan Kakap Merah digoreng sampai kulitnya berwarna kecoklatan, diletakkan di atas spaghetti yang disiram dengan cream sauce serta potongan daun bayam yang telah direbus sebentar, dan toppingnya berupa daun basil yang digoreng garing kriuk-kriuk. Daging ikannya fresh dan juicy, pas matengnya. Cream sauce-nya juga enak, gak terlalu kental dan gak terlalu milky rasanya. Dan ternyata daun basil itu yummy juga kalau digoreng garing. Over all, very delicious!

red snapper mazeltov

Next time definitely I’ll be back! Penasaran pengen coba Beef Wellington-nya!

 

Puri Indah Mall

Expansion GF E-007

Ph: 021-5823207