Hakata Ikkousha

Standard

Ramen! Yup, jenis mie ala Jepang ini memang sudah happening sejak 3 tahun yang lalu di Jakarta. Sebenarnya agak telat juga saya datang ke resto ini, karena Hakata Ikkousha ini bisa dibilang resto spesialis ramen yang booming banget begitu pertama kali buka. Pasti bakalan antre panjang kalau mau dine in disini. Sampai sekarangpun tetap ya saya harus nunggu sekitar 15 menit sebelum dapat tempat duduk. Secara juga saya datangnya Sabtu malam,hehe….

Ruangannya cukup luas, sepertinya bisa menampung sebanyak 80-100 orang. Enaknya disini mereka siapkan kursi untuk antrean. Lumayan, jadinya kaki tidak pegal.

Well, Hakata sendiri itu sebenarnya adalah nama desa di Fukuoka, Jepang. Desa ini terkenal dengan kekayaan kulinernya. Nah, ramen Ikkousha ini merupakan ramen favorite di Hakata sana. Di Indonesia, ramen Ikkousha merupakan salah satu cabang resmi dari Fukkuoka Hakata, Jepang. Bahkan chef asli dari Jepang khusus didatangkan langsung untuk setiap cabang Ikkousha di Jakarta. Tujuannya ya untuk menjaga kualitas.

Menu andalan di tempat ini adalah Ramen Babi Special (IDR 55k). Porsinya lumayan besar. Kuah warna beige dari kaldu babi yang kental terasa nonjok di lidah (kalau pilih yang ayam/tori ya pasti dikasih kuah kaldunya yang ayam donk). Bener-bener strong. Sudah bisa dipastikan waktu pembuatan kaldu memakan waktu yang tidak sebentar. Tekstur ramennya lurus. Untuk tingkat kematangan ramen-nya juga bisa request, mau yang agak keras, normal atau agak lunak. Oya untuk jenis ramennya juga ada beberapa pilihan: Mie Besar, Mie Besar Jepang, Mie Kecil dan Mie Keriting. Dilengkapi juga dengan 1 butir telur rebus Nitamago yang dibelah dua serta potongan tipis chashu babi. Super yummy! Disediakan juga di tiap meja 1 wadah berisi beberapa siung bawang putih, kecap asin, cuka, cabai bubuk. Anehnya disiapkan juga bawang merah goreng (apa gak jadi salah rasa ya kalau ditaburi ini? Tapi buat yang lidahnya Indonesia banget ya sah-sah aja sih), juga sambal yang kalau saya rasakan mirip sambal terasi, hmmm…Masalah tambahan bumbu-bumbu ini ya balik lagi ke selera lidah masing-masing.

ramen babi spc ikkousha

Untuk penggemar pedas kudu order Ramen Babi Tam Tam (IDR 58k). Penampakannya sih mirip yang jenis special, cuma warnanya merah aja. Pas saya coba rasakan kok ternyata kuahnya lebih gurih ya, ternyata diberikan cacahan daging babi tambahan di kuah pedasnya. Lebih enak saya bilang dibanding yang special.

ramen babi tam2 ikkousha

Kalau tidak suka daging babi, mereka juga sediakan daging ayam. Untuk kuahnya juga bisa pilih rasa Kari/Curry atau Tauco/Miso. Kalau tidak terlalu suka kuah yang medok rasanya, bisa pesan yang Special Light. Ini favorit buat cewe-cewe yang lagi diet, haha….(bukan saya!)

Kalau gak puas dengan topping standard, bisa kok order topping tambahan, seperti: Cashu Ayam atau Babi, Jagung, Katsuobushi/makanan awetan berbahan baku ikan cakalang, Mentega, Pangsit Ayam Wangtang, Tamtam, Tauge Moyashi dan Telur Rebus Nitamago.

Kalau gak suka mie kuah gitu, bisa pesan Tuken Men. Sama aja sih, cuma kuahnya dipisah aja sama ramen dan topping-toppingnya. Jadi cara makannya dicelup gitu. Kalau yang punya semboyan ‘kalau gak makan nasi gak kenyang’ juga tenang saja, disini disiapkan varian nasi juga. Pilihannya: Chasu Don Babi, Wagyu Steak Don dan Yakiniku Don. Kalau bawa anak kecil juga bisa dipesankan Nasi Goreng Salmon atau Nasi Goreng Saus Tomat. Secara keponakan-keponakan saya gak tau kenapa kalau diajak ke resto selalu pesannya nasgor, haishhh!

Disini juga menyediakan menu Yakitori alias bakar-bakaran sate ala Jepang. Diantaranya: Asparagus Bacon, Bakso Ayam/Babi, Kulit Ayam, Lidah Sapi, Otot Ayam, Samcan (wuih!), Scallop, Sosis, etc. Ada juga masakan hotplate dan soup.

Untuk side dish-nya alias Ippinmono ada banyak jenis juga: Ayam Goreng Jepang (Tori Karage), Chashu Ayam/Babi, Gyoza, Pipi Babi (pengen pesan ini, tapi udah sold out, hikz!) dan Samcan Babi Goreng. Kali ini saya pesan Chashu Babi Tebal (IDR 58k). Gile, beneran tebel itu daging dan empuk, super juicy! Hadeh, merasa berdosa abis makan ini….(diketawain sama kaca ;p). Di atasnya ditaburi potongan daun bawang, garlic dan merica hitam. Very delish!

chashu babi tebal ikkousha

Untuk minumannya bisa pilih Ocha dingin/panas (IDR 8.8k), beer, kopi, aneka juice, soft drink. Bisa dibilang ini salah satu tempat favorit saya untuk makan ramen, selain Tsurukamedou dan Ikkudo Ichi.

 

Rukan Cluster Garden House Blok A No.1,2,3,5

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

Ph: 021-29033271

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s