Elicxir Artisan Gelato

Standard

Ice Cream adalah salah satu kudapan favorite saya sejak kecil. Mungkin karena sewaktu kecil saya biasa diajak untuk makan ice cream setelah makan. Saya suka sekali dengan flavor ice cream kuno. Karena saya asli dari Semarang, tempat makan ice cream favorite saya adalah di Toko Oen (ulasannya bisa dilihat di blog saya).

Nah, sekarang ini lagi trend banget yang namanya Liquid Nitrogen Ice Cream. Apa sih bedanya dengan ice cream biasa seperti yang kita beli di Baskin Robbins atau Hagendaaz? Nitrogen cair biasanya digunakan sebagai gas refrigerant pada kulkas. Ini yang membuat makanan dalam kulkas cepat membeku.

Cara pembuatan ice cream Liquid Nitrogen ini adalah tinggal siapkan bahan asli untuk flavor ice cream, lalu masukkan ke mangkuk mixer terbuat dari stainless steel, mixer dihidupkan lalu semprotkan liquid nitrogen, dan dalam 2 menit ice cream siap disantap.

Nitrogen ini tidak memiliki rasa, tidak berbau dan tidak berwarna. Sehingga ice cream yang dibekukan dengan cara ini tetap aman dikonsumsi.

Secara niat dari rumah pengen coba ice cream ini, jadilah saya sempet muter-muter cari dimana tempatnya. Ternyata terletak di seberang Pancious. Oalah….padahal saya pernah dine in di sana, gak ngeh kalau di seberangnya ada kedai kecil ini.

elicxir 1

Cool place dengan lantai kayu dan tembok didominasi warna hitam. Style design ala vintage – eclectic gitu deh!

elicxir 2 

Setelah lihat adegan berasap saat pembuatan ice cream yang langsung ready dalam hitungan menit (sayang, saya lupa untuk mengabadikan peristiwa ‘berserajarah’ ini :p), datanglah ice cream pesanan saya.

Kali pertama ini saya memesan Milo Dinosaur, secara you know lah, I’m a chocolate lover. Waktu lihat 1 cup saya pikir porsinya medium lah. Eh,begitu datang, ternyata 1 cup itu benar-benar dipadatkan. Jadi banyak banget dah! (lap keringet, bisa abis atau gak ya?). Tekstur ice cream-nya lembut banget, tapi sebagai penggemar coklat, menurut saya kurang nendang ya rasa coklatnya. Mungkin kalau dibuat agak ‘strong’ bakal lebih enak. Lebih dominan rasa susunya.

milo dinasaur

Lalu saya juga mencoba rasa lain, Evolcado Crème Brulee. Rasa avocado yang smooth berpadu sempurna dengan rasa mocha diakhiri dengan topping burnt caramel. I like it!

evolcado

Untuk ukuran 1 cup dibanderol dengan harga Rp.45.000,-. Tidak terlalu mahal, mengingat ukurannya juga segede gaban, hehe….Varian rasa lain juga menarik untuk dicoba, seperti Banana Cream Gelato dg Salted Caramel Cookies Crumble, Raspberry Sorbet dg Madagascar Vanila, Taro Velvet, Black Diamond (70% dark chocolate), Smores Hater, Golden Marie Biscuit dg Choco Hazelnut, etc.

 

PLAZA INDONESIA, 5th Floor #019

Jl. M.H. Thamrin Kav. 28-30

Jakarta Pusat

Phone: 021-29923717


MKG Gading Walk 1

Ground Floor #01

Jakarta Utara

Leave a Reply

